Arsip Tag: resep makanan

Masak Gampang dengan Resep Makanan Sederhana Ini

Lihat kepa / kerang tahu masih hidup fresh bangeettt langsung beli, paling sukaa.
Kepa masak tauco enakk pakai air asem jawa jadi rasanya manis gurih asem pedes

Kepa tauco

2 kg kepa cuci bersih rebus setengah matang ato kulitnya udah terbuka angkat, ambil dagingnya tiriskan.
Pete
Cabe merah iris
cabe rawit iris
Tomat 1 bh iris
Bawang merah iris
Bawang putih iris
Tauco medan
Daun salam
Lengkuas keprek
2 sdm asem Jawa

Gula
Saos tiram
Kaldu jamur
Lada

Tumis duo bawang , daun salam, lengkuas,tomat,cabe,berubah warna masukan kepa,,tauco, saus tirem, kasih air secukupnya, kaldu jamur, gula dikit, garam dikit, lada masak sampai air agak menyusut masukan pete aduk2 bntar angkat.

Sambal Ampla udang

5 bh ampla ayam cuci bersih rebus sampai empuk tiriskan, potong tipis
1 ons udang sedang
2 bh kentang kupas potong kotak goreng
1 bh tomat merah iris
Pete secukupnya
1 ruas lengkuas keprek
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 sdm air asam jawa
3 siung bawang merah iris
3 siung bawang putih iris
5 bh cabe merah keriting iris
5 bh cabe hijau keriting iris
5 bh cabe rawit nerah iris
Sedikit cabe merah keriting haluskan

Gula
Garam
Kaldu jamur
Lada

Panaskan wok pan masukan sedikit minyak tumis lengkuas, cabe halus, cabe iris, tomat, udang dan ampla masak sampai udah berubah warna masukan air asam, penyedap tes rasa terakhir baru masukan pete aduk bentar angkat.

Gurame tahu tausi

1 ekor ikan gurame
( bisa ikan kakap dll )
Cuci bersih ikan sayat badannya kasih sedikit garam dan cuka goreng tiriskan

1 bh tahu Cina potong2 goreng bentar
1 batang daun bawang iris2
2 sdm tausi
1 sdm sagu buat mengentalkan
1/2 bh bawang bombay iris
3 siung bawang putih cincang kasar
1 ruas jahe iris2
1 sdm saos tiram
1 sdm minyak wijen
1 sdm soy sauce
1 sdm minyak ikan
Air secukup nya

Gula
Garam
Kaldu jamur
Lada

Tumis bawang putih,jahe,bawang bombay sampai wangi masukkan tahu yg sudah di goreng tuang air secukupnya,penyedap rasa , saos tiram dan bumbu lainnya, kentalkan dengan cairan sagu jangan terlalu kental ya, terakhir masukan ikan, daun bawang angkat siap dihidangkan.

Masak Makanan Sehat Sendiri Di Rumah untuk Keluarga

Sayur ijo udah habis, tukang sayur yg keliling di komplek juga gak jualan. Tanaman hidroponik pun baru segede kelingking. Ya sudah maksi nya ikan dory sambel matah aja. Selamat makan siang guys. Salam sehat dan tetap semangat ya. Semoga badai cepat berlalu.

Di masa pandemi ini, ada baiknya untuk kita memasak sendiri di rumah ya teman – teman. Hal ini agar selalu menjaga kesehatan dan memastikan bahan makanan yang digunakan segar dan juga bersih. Maka dari itu simaklah resep berikut ini yang dapat membuat hidangan rumah anda menjadi berwarna.

Dory Sambel matah
Ikan dory nya di goreng tepung :
1 sdt tepung maizena
1 sdm tepung beras
2 sdm tepung putri
Kasih lada, garam, dikit, kaldu jamur dan air jangan terlalu kental ya
Itu adonan cuma untuk 2 keping ikan ya

Ikannya di lumurin garam dan jeruk nipis tiriskan baru di celupkan ke adonan tepung goreng dech

Sambel matah

20 cabe rawit ato lebih
10 bh bawang merah
5 lembar daun jeruk buang tulang tengahnya
3 batang serei
2 bh jeruk nipis
1/2 sdt terasi bakar
Minyak panas secukupnya

Gula
Garam

Iris tipis semua bahan campur terasi bakar , gula ,garam siram minyak panas aduk rata baru kasih air jeruk nipis tes rasa.

Lontong sayur

1 buah labu siam potong panjang
2 buah wortel potong panjang
Tempe seadanya potong kotak
Pete
Ada sisa tahu sy cemplungin jg
2 bungkus santan Sasa 65 ml
2 liter air ato lebih
1 sdm udang kering/ebi
Udang basah secukup nya

Pelengkap
Kerupuk
Bawang goreng

Bumbu halus
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 ruas kunyit
Segemgam cabe merah keriting + rawit merah
2 butir kemiri
1/2 sdt ketumbar
1/2 sdt terasi

2 batang serei keprek
1 ruas lengkuas keprek
3 lembar daun salam

Sedikit gula
Kaldu jamur
Garam
Lada

Tumis bumbu halus bersama lengkuas, serei, daun salam sampai wangi masukan udang basah , ebi aduk rata baru masukan sayurannya ,air, penyedap rasa masak sampai sayur matang masukan santan Sasa kecilkan api aduk sampai mendidih angkat.

Kuliner Indonesia yang Mudah Di Masak Dirumah

Ikan asin cabe ijo

1 bungkus ikan asin tenggiri yg udah di potong2
2 papan pete

Gula
Kaldu jamur
Garam
Lada

Bumbu kasar
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 tomat ijo
15 rawit ijo
5 cabe ijo besar
10 cabe ijo keriting

Goreng sebentar ikan asin tiriskan

Sisa minyaknya buat tumis bumbu sampai wangi tuang sedikit air masukan gula.kaldu jamur, garam, lada aduk rata masukkan pete dan ikan asin, tes rasa angkat.

Sate ikan ato otak otak kukus

250 gr ikan tenggiri setengah beku
1 butir putih telur
100 gr sagu cap tani
65 ml santan kara
3 kotak es batu bawaan kulkas
3 sdm santan + sejumput garam
3 siung bawang putih
8 siung bawang kerah

1/2 sdt gula
2 sdt kaldu jamur
1 sdt garam
Lada

Chopper duo bawang sisihkan.
Chopper es batu lalu masukan daging Chopper lagi sampai halus masukan garam, gula, kaldu jamur dan lada Chopper rata baru masukan santan kara dan putih telur Chopper lagi terakhir masukan sagu dan duo bawang Chopper biar rata angkat.
Siapkan piring tahan panas masukan 3 sdm santan + garam aduk rata baru masukan daging ikan ratakan kukus selama 30 menit angkat, hidang dengan sambel. Enak cocol cabe rawit , kecap Bangka dan sonkit lebih joss.

Telur kecap bumbu ngohiong

8 butir telur rebus kupas kulitnya
( banyaknya telur menurut selera ya )
5 siung bawang putih keprek
Air ( sampai telur ke rendam )

Bumbu ngohiong
Bunga lawang / pekak
Saos tiram
Minyak wijen
Arak ( yg halal boleh skip )
Kecap manis
Kecap asin
Gula
Kaldu jamur
Garam ( bila perlu )
Lada

Tumis bawang putih sampai wangi masukan air, telur dan bumbu bumbu lainnya masak sampai telur meresap dan air agak menyusut angkat.

Topping ayam bakmie abang2

1 ekor ayam ambil dagingnya potong kotak.
Tulangnya rebus buat kuah ato buat tuang daging ayam

1 batang serei keprek
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk buang tulang tengah

Bumbu halus
8 siung bawang putih
6 siung bawang merah
1/2 ruas kunyit
1/2 ruas jahe
1/2 ruas lengkuas
3 bh kemiri

Saos tiram
Kecap manis
Kecap asin
Kaldu jamur
Garam
Gula
Lada

Tumis bumbu halus bersama serei, daun salam, daun jeruk,sampai wangi masukan daging ayam, kuah dari tulang ayam dan bumbu2 lainnya masak sampai ayam empuk dan air agak menyusut.
( airnya kira kira aja menurut selera )
Selamat mencoba

Hidangan Sehat dan Nikmat untuk Keluarga Bahagia

Suka bangeeettt makan ikan tim pakai jamur dan sayur asin, biasanya cuma pakai batangnya aja tapi ini sayurnya ikut juga.
Ada sisa tahu masukan sekalian ke ikan jadi penuh

Tim ikan kerapu

1 ekor ikan kerapu
1 bh tahu putih yg lembut
Batang sayur asin iris
3 Jamur hioko rendam iris
Segede jempol jahe iris
3 Bawang putih cincang halus
2 keping asam kuping
Rawit utuh
Daun bawang
Arak masak
Minyak wijen
Kecap asin angsa
Gula
Kaldu jamur
Lada
Garam
Air secukupnya

Kukus ikan nya 20 mnt, buang air ikan susun tahu putih disamping ikan.
Tumis bawang putih dan jahe sampai wangi masukkan sayur asin jamur dan semua bahan kasih air secukupnya tes rasa kalau udah ok sirem ke ikan kukus lagi 15 mnt.

Kroket kentang

Bahan kulit :
4 bh kentang
2 sdm blue band
1 kuning telur
1 sdm susu bubuk

Bahan pelapis :
2 btr putih telur kocok lepas
Tepung panir

Isian :
150 gr daging sapi cincang
2 bh wortel potong kotak
10 bh buncis potong kecil

Bumbu halus :
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt pala

Gula
Kaldu jamur
Garam
Saos tiram
Lada

Tumis bumbu halus sampai wangi masukan daging aduk sampai berubah warna baru masukan wortel, buncis dan penyedap masak sampai matang tanpa air ya, sisihkan.

Kentang digoreng lalu ditumbuk, campur semua bahan kulit lalu ambil adonan 1 sdm pipihkan isi daging bentuk lonjong ato sesuai selera aja lakukan sampai habis.
Balur dengan tepung panir lalu ke putih telur lalu tepung panir baru digoreng sampai kecoklatan angkat.

Request anak tempe goreng tepung
Masak gampang aja yang penting ada sambalnya
Kalau ada gorengan gini cocoknya pake sambal mentah joss
Mare makan

Sarapan bakmi polos aja
Gak punya stok tauge dan caisim

Bakmi rebus homemade
Bakminya beli jadi ya

Topping daging bakmie

1ekor ayam kampung rebus 30 menit ambil dagingmya potong kotak
Sisihkan kaldu ayamnya

5 siung bawang putih cincang halus
3 bawang merah cincang halus
Kecap manis angsa
Kecap asin angsa
Saos tiram
Minyak wijen
Sedikit gula
Sedikit garam
Kaldu jamur
Lada
Air kaldu rebusan ayam

Tumis duo bawang sampai wangi masukan daging ayam aduk sampai benar2 wangi baru masukan semua bahan ,air kaldu ayam masak sampai air agak menyusut angkat
Selamat mencoba

Kumpulan Resep Masakan Sederhana Namun Tetap Sehat

“NGOHIONG AYAM”

Bahan Utama :
200 grm daging ayam giling
100 grm udang kupas cincang

1 batang wortel ukuran sedang parut
5 batang daun bawang kecil iris
1 bawang bombai uk. Sedang cincang halus
3 bawang putih haluskan.
1 butir putih telur
3 sdm maizena
1/2 sdt bumbu ngohiong
1 sdm minyak wijen
1 sdm penyedap jamur
1/2 sdt garam.
1 sdt lada bubuk
Biar tambah gurih dan enak aku tambahkan 1,5 sdm fiber creme
Kulit kembang tahu 1lbr dibagi 2

Campur semua bahan secara bertahap, bentuk/gulungkan dengan kulit kembang tahu lalu kukus 25menit.
Potong2 ngohiong yg sdh matang lalu goreng.

AYAM BETUTU ALA AKU, SENGAJA BANYAKIN KUAH
Dan tidak pedas karena di rumah pada gak bisa makan pedas.

Bahan Utama :
1ekor ayam kampung, aku pilih yg kecil karena yang makan hanya bertiga

Bumbu2 :
80 grm bawang merah
8 butir bawang putih
5 buah cabe keriting (kalau suka pedas bisa tambahkan rawit)
3 butir kemiri sangrai
1,5 sdt kunyit bubuk
25 gr lengkuas muda
10 grm jahe
10 grm kencur
5 batang serei ambil bagian mudanya.

Bahan lainnya.
1sdm terasi sangrai.
3 lembar daun salam
Minyak untuk menumis
650ml air
Supaya lebih creamy dan enak aku tambahkan 3 sdm fiber creme
Gula, garam, penyebab secukupnya.

Cara :
Rajang semua bumbu dengan choper, blen smp 1/2 halus saja. (Ada kasar2nya)
Tumis bumbu dengan api kecil, sampai harum.
Masukan terasi sangrai, daun salam.
Masukan ayam
Lalu tambahkan air, tambahkan gula, garam, penyedap dan Fibercream masak sebentar lalu tutup wajan dan masak dengan api kecil hingga ayam empuk dan air susut.

Nasi liwet
500grm beras cuci bersih.

Bumbu halus :
5 bawang merah
5 bawang putih
2 butir kemiri

Bumbu lainnya.
5 lbr daun jeruk
1 buah serei geprek
1 ruas lengkuas geprek
2 lbr daun salam.
1,5 sdt garam
2 sdt penyedap jamur
700ml air
Supaya lebih enak aku tambahkan 4 sdm fiber creme

Bahan toping
1genggam Teri asin
2 papan pete
Cabe rawit secukupnya

Cara :
Tumis bumbu halus dengan api kecil, masukan serei, lengkuas, daun jeruk, daun salam, tumis hingga harum, masukan air dan beras.
Tambahkan Fibercream, garam, penyedap.
Masak hingga air kering
Pindahkan nasi di kukusan, kukus hingga matang -+ 40 menit.

Goreng teri asin hingga menguning, lalu masukan pete dan rawit masak sebentar angkat dan tiriskan.
Lalu tabur diatas nasi

Tempat Nongkrong Hits dan Gaul di Bali

Temen2 tau kah kalo plataran dining juga ada di Bali?

plataran canggu bali menyediakan aneka makanan khas Indonesia yang halal dgn rasa nikmat, ini menu yg aku coba:
– Brinjal Chips
– Salad Putri Dewi
– Ayam Dharmawangsa
– Nasi Goreng Rendang
– Dadar Gulung Klepon

Dining di Plataran at Canggu ini super nyaman, dekornya ala Indonesia dgn banyak tanaman yg bikin resto ini jadi sejuk Cek slide selanjutnya ya utk cek resto & makanan di sini. Resto ini juga nyambung sama villa plataran canggu bali yang keren banget & bernuansa Indonesia. Wajib ke sini kalo ke Bali!

Canggu, Bali

My mood food : Vegan Grilled Cheese + Kombucha at Bali.

Bisa ga ya dapet yg kek gini di Jakarta? Pengen order deh klo ada! di Bali banyak bgt cafe yg punya vegan & healthy option kayak Sexycheezy Grilled Toast & Kombucha de casa ini. Toastnya dbuat dgn rye sourdough, vegan mozzarella, vegan bacon jam & pesto. Fillingnya meleleh & hearty gt, tp rotinya sedikit terlalu asam buatku. Kombuchanya pretty sweet rasanya hehehe seger jdnya Happy breakfast guys!

mimpigrocery
Canggu, Bali

Coffee shop yang bagus bangett di Bali!

Saranku kalo mau ke pennylanebali datengnya pagian pas baru buka ya, soalnya di sini cukup rame pas ak dtg weekday jam 3an waktu itu  Btw ak ga ngopi di sini, tp ak cobain snack yg cocok utk sharing, Chk Chk Boom Fries & Buffalo Chicken Wings. Wow ternyata bukan tempatnya aja yg cantik, menunya jg enak lohh Pantes aja ramee!

pennylanebali

Buat temen2 yg mau jalan ke Bali dan mau coba makanan selain Western & nasi khas Bali, boleh banget nih coba DIMSUM sistadumpling

Foto di slide 1 namanya Savory Dumpling Combo, isinya Shanghai Pork Dumpling (2), Beef & Celery Dumpling (2), Lobster & Prawn Dumpling (2), Tuna & Kimchi Dumpling (2), Chicken Wonton (2) & Seafood Wonton (2). Slide kedua isinya Xiao Long Bao  Bentuk & warnanya lucu, trus rasanya cukup enak. Sayang kuah wontonnya asin bangettt

Aku juga cobain Cumin Noodle pake mie lebar handmadenya, strong cumin flavor & pretty good! Mienya agak kelembekan sedikittt tp beefnya lembut enakk

Trus kalo minuman, wajib bgt Tealicious, selain teh, dsni ada lychee, lemon, honey & mint yg super fresh. Ukuran minumannya jg besar

sistadumpling
Kuta Utara, Bali

Olah Masakan Mudah dan Nikmat dengan Resep Ini

AYAM KEMANGI CABE IJO
– Bahan :
. 6 potong ayam cuci beri jeruk nipis
. 50ml air putih
. 4 dn jeruk, sobek
. 1 btg sereh, geprek
. Kaldu jamur
. Gulas
. 2 genggam kemangi

– Bumbu uleg :
. 13 cabe ijo besar
. 8 bamer
. 4 baput

– Cara :
. Marinasi ayam dengan bumbu uleg 3 baput, 1sdm ketumbar, garam. Masukan kulkas selama 1jam (me, 1/2hr) goreng hingga matang, sisihkan
. Tumis bumbu uleg hingga harum, masukkan dn jeruk, sereh, kaldu jamur, gulpas, air biarkan sampai mendidih
. Masukkan ayam kecilkan api biarkan meresap dengan sendirinya, tes rasa
. Masukkan kemangi ratakan, tunggu kemangi matang
. Sajikan

 CA BROKOLI BAWANG PUTIH
– Bahan :
. 200gr brokoli
. 5 bakso ikan
. 3 baput cincang
. Ladaku
. 150ml Air putih . 2sdm kecap ikan
. Kaldu jamur

– Cara :
. Tumis baput hingga harum
. Masukkan air biarkan mendidih
. Masukan garam, kecap ikan, kaldu jamur, bakso ikan, brokoli, ladaku . Setelah matang tes rasa, angkat
. Sajikan dan taburi bawang goreng

ASEM – ASEM BUNCIS LABU SIAM
– Bahan :
. 250gr kisi, presto
. 2bh wortel
. 200gr buncis
. 1bh labu siam
. 3bh tomat ijo besar
. 1250ml kaldu sapi
. 3sdm kecap ikan
. Kecap manis . Garam
. Gulpas
. 2dn salam
. 1 ruas laos, geprek

– Bumbu iris :
. 5 baput
. 7 bamer
. 7 cabe merah keriting
. 7 cabe ijo besar

– Cara :
. Tumis bumbu iris sampai harum
. Masukan semua bahan setelah matang tes rasa
. Sajikan dan taburi bawang goreng

CUMI TELOR ASIN
– Bahan :
. 300gr cumi buang tinta dan kulit ari nya, cuci bersih beri jeruk nipis, potong bulat . 2 baput cincang
. Garam
. 2sdm minyak wijen
. Ladaku
. 2btg daun kari, ambil daun nya
. 1sdm maizena
. 7sdm terigu
. Sdikit air
. Minyak goreng

– Saos :
. 3btr kuning telor asin
. 2 cabe merah keriting rajang halus
. 2btg daun bawang, ambil hijaunya iris tipis
. 2 baput cincang
. Kaldu jamur
. 2sdm margarin
. Ladaku

– Cara :
. Marinasi cumi dengan 2sdm minyak wijen, baput, garam, ladaku, daun kari, biarkan 15mnt
. Taruh dalam mangkok maizena, terigu, sdkit air
. Celupkan cumi dalam tepung goreng sampai habis, sisihkan
. Tumis dengan margarin baput sampai harum, masukan kuning telor dan aduk sampai telor larut . Masukan ladaku, kaldu jamur, daun bawang, cabe dan cumi, aduk rata
. Sajikan

Makanan Lezat Khas Jawa yang Bikin Nagih

Ini tadi saya masak sambal goreng, pingin nasi liwet solo tapi kok males mau bikin tak comot tak bikin sambal gorengnya aja. Wes matengan buat makan siang suami juga ..
Bibinya yang goreng lele, buat lauk tambahan sekalian masakin buat si kecil ..
Tadi juga sudah nyicil bikin gorengan tahu isi, belum sempat digoreng aja

SAMBAL GORENG LABU SIAM

Bahan :
. 2 labu siam
. 65ml santan kara
. 6 ekor udang sedang(sisakan ekor)beri jeruk nipis
. 300ml air putih
. 1/2 keping gulmer
. Garam
. Kaldu Jamur
. 3dn salam
. Seruas laos geprek

Bumbu halus :
. 3 baput kating
. 6 bamer
. 11 cabe merah keriting

Cara :
. Labu potong korek api, remas2 pelan dg garam sisihkan
. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan udang, gongseng bbrp saat
. Masukkan labu, salam, laos, tuang air, gulmer, kaldu jamur, garam (hati2 jng ke asinan ya, krn tadi sdh diberi garam) . Tutup wajan masak 10 menit
. Kecilkan api, tuang santan sambil diaduk pelan, tes rasa
. Sajikan

SAYUR SAWI TAHU BAKSO

Bahan :
. 2 ikat sawi ijo
. 6 butir bakso sapi
. 8 kotak tahu putih kecil
. 1250ml air putih
. 3sdm kecap ikan
. Garam
. Kaldu jamur

Bumbu uleg :
. 5 baput
. Merica

Cara :
. Cuci bersih, tahu, sawi, sawi potong sesuai selera ya
. Didihkan air, lalu masukkan bumbu uleg. Tutup
. Setelah 5 menit masukkan tahu, bakso. Tutup lagi 5 menit
. Masukkan sawi, garam, kaldu jamur, kcp ikan
. Aduk sebentar, tes rasa
. Sajikan

Masakan pagi tadi ya, yang mudah anti gagal or ribet ya buat sarapan
Dulu sewaktu saya masih kecil makan dengan lauk dadar telur plus kecap manis, wes rasanya nikmaaattt
Ini saya lengkapi dengan isian ya yang kebetulan sudah ada dikulkas ya

VEGETABLE OMELETTE

. Bahan :
. 3btr telur
. Olive oil

. Isian omelette :
. 1/4 paprika merah (pot dadu)
. 1/4 paprika kuning (pot dadu)
. 1/2 bombay kecil (rajang halus)
. 1btg dn bawang
. Garam
. 7btr merica hitam, geprek
. Kaldu Jamur

. Cara :
. Tumis isian omelette sebentar, biarkan agak dingin
. Telur & tumisan tadi aduk rata jadi satu
. Goreng di teflon 1x balik saja ya
. Sajikan

Resep Menu Harian Termudah dan Enak

Adakah dari anda yang setiap hari memasak sendiri di rumah? Apabila setiap hari masak, pasti ada kalanya bingung dan kehabisan ide akan menyajikan hidangan apalagi. Nah, tenang saja disini kita akan membahas beberapa resep makanan yang gampang sekali dibuat dengan bahan yang sederhana.

BOLA TAHU GORENG ASAM MANIS

Bahan:
– adonan goreng: tahu kuning 8pcs dihancurkan jangan terlalu halus, terigu segitiga 8sdm, 2sdm tepung tapioka, 2bh buncis iris tipis, 1/2 wortel potong dadu kotak halus, 1/2btg daun bawang, 2bh bawang putih potong dadu cincang, 2sdm minyak wijen, 2sdm saus tiram, garam, merica secukupnya –> dipadatkan kecil kecil terus nanti digoreng kering
– saus: 1/2 bawang bombay, 1siung bawang putih, 1bh paprika, 1/2 wortel potong memanjang tipis, 4sdm saus tomat, 1sdm saus tiram, garam, gula, merica, air secukupnya.

TEMPE KECAP DAUN KEMANGI

Bahan:
– 1 papan tempe potong dadu terus digoreng dulu
– 1 ikat daun kemangi
– 3siung bawang merah, 1 siung bawang putih, 1/2 cabai merah, 4sdm kecap manis, 2sdm kecap asin, garam, gula, merica secukupnya.

TAHU CABAI MERAH

bahan:
– 10bh tahu kuning digoreng dulu, boleh juga lsg pakai tahu sumedang yang kopong
– air kelapa 0.25-0.5liter
– 10 siung bawang merah, 8 siung bawang putih, gula merah 1bh, 1sdm ketumbar, 5bh cabai merah besar, 3btr kemiri (diblender dulu), lalu dimasak lagi ditambahkan 1 ruas lengkuas, 1btg serai, 2lbr daun salam, asam jawa, daun jeruk kalau mau dikasi boleh jugaa, kecap manis
– Gula, garam, penyedap, merica sesuai selera.

ROLADE TAHU KUNING SAUS MENTEGA

– 4pcs telur didadar untuk buat kulit tipis tipis aja
– 8pcs tahu kuninh dihancurkan
– 100gr daging ayam cincang
– wortel 1pc, bawang bombay 1/2pc, 1pc cabe merah (boleh diganti paprika), dipotong kotak kecil halus (option sayuran lain: buncis, jagung, bengkoang dll.)
– 1btg daun bawang potong tipis, 6pcs bawang merah, 3pcs bawang putih
– 2pcs telur
– 3sdm saus tiram, 1sdm minyak wijen, gula, garam, merica, penyedap secukupnya
– 7sdm tepung terigu, 5sdm tepung tapioka (tepungnya bisa menyesuaikan sesuai keinginan kayak kenyal, padat, dll.)
Step: nanti dioles ke telur dan digulung, kemudian dikukus dulu, setelah kukus potong sesuai selera ketebalannya dan pan seared di atas teflon dgn sedikit minyak
– saus: 1bh bawang putih cincang halus, 1/2 bawang bombay potong memanjang, 2sdm margarin, 2sdm kecap manis bango, 1sdm kecap asin angur, kacang polong, merica, garam, gula.